Waspadai Gejala dan Penyebab Penyakit Ginjal

Gejala dan Penyebab Penyakit Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Setara dengan Hati dan Jantung. Ginjal memiliki fungsi menyaring cairan dalam tubuh sebelum nantinya disalurkan ke Kandung Kemih lalu setelah itu dibuang melalui saluran pembuangan dalam bentuk Air Seni. Mengingat betapa pentingnya fungsi organ ini, maka kita dituntut untuk bisa menjaga dan merawatnya agar tak mengalami hal-hal yang tak kita inginkan.

Dalam menjaga kesehatan Ginjal, kita juga harus tau Gejala dan Penyebab Penyakit Ginjal. Pentingnya mengetahui tentang penyakit ini bertujuan agar kita tau sedari awal, supaya nantinya kita bisa mengobati sejak dini atau bahkan bisa mencegahnya sebelum sakit ini terjadi.

Gejala dan Penyebab Penyakit Ginjal memang wajib kita pahami dan pelajari agar kita bisa memahami sejak dini. Sebab dijumpai banyak kasus yang sudah terjadi, beberapa diantara mereka tak mengerti bahwa dirinya mengalami permasalahan pada Ginjal. Permasalahan pada ginjal itu sendiri ada beberapa macam, namun yang paling umum ada 2 yaitu Gagal Ginjal dan Batu Ginjal.

Gejala dan Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal adalah keadaan dimana organ tak berfungsi seperti semestinya. Yaitu sebuah kondisi ketika Ginjal tak dapat menyaring zat sisa dari darah dengan baik. Hal ini berakibat racun mengendap dan menjadi sebuah penyakit.

Ada beberapa Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal yang perlu kita pahami dengan seksama, yaitu :

Gejala :

Berkurangnya jumlah Air Kencing atau Urine. Gejala pertama dan paling umum dijumpai adalah berkurangnya cairan pembuangan atau air kencing.

Pembengkakan kaki. Hal ini diakibatkan oleh gagalnya ginjal dalam membuang zat cairan sisa. Dalam hal ini juga terjadi pembengkakan di pergelangan dan juga telapak kaki.

Merasakan Lelah dan Kantuk yang berlebihan.

Mual secara Terus Menerus. Jika hal ini sudah terjadi biasanya berlanjut pada sesak nafas secara tiba-tiba yang tak jelas penyebabnya.

Linglung. Gejala ini bisa terjadi dikarenakan tidak stabilnya kerja Ginjal hingga membuat penderita mengalami linglung dan sulit mengingat sesuatu.

Kejang dan Koma. Pada tingkat lanjut, gejala paling parah untuk sakit ini adalah penderita mengalami kejang-kejang lalu tidak sadarkan diri.

Penyebab :

Masalah Pembuangan Urine. Permasalahan dalam pembuangan air seni ini bisa mengakibatkan beberapa hal, seperti buang air tidak teratur, adanya gumpalan pada saluran urine, kanker pada saluran urine dan keruasakan pada saraf pengontrol Kandung Kemih.

Gumpalan di dalam atau sekitar Ginjal. Gumpalan darah menjadi salah satu penghambat yang membuat kerja organ ini tak bisa maksimal dan mengalami gangguan hingga tak bisa bekerja dengan semestinya.

Infeksi pada Ginjal.

Obat-obatan terlarang dan Alkohol. Mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan Alkohol ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit ini. Hal ini dikarenakan obat-obatan terlarang mengandung bahan kimia yang sulit dicerna oleh Ginjal. Untuk alasan kesehatan inilah mengapa menggunakan hal-hal semacam itu dilarang oleh negara.

Penyakit Peradangan Pada Banyak Organ Tubuh. Biasanya ini dialami penderita lupus. Hilangnya aliran darah menuju Ginjal yang terjadi secara tiba-tiba dapat menyebabkan penyakit Gagal Ginjal, namun hal ini disebabkan oleh penyakit lain. Seperti serangan Jantung, luka pada Hati, Dehidrasi, luka bakar yang serius dan infeksi parah.

Peradangan pada Pembuluh Darah dalam Ginjal istilah lain disebut Glumerulonefritis.

Sindrom Uremik Hemolitik. Yaitu kerusakan pada sel darah merah yang meliputi infeksi bakteri, biasanya pada organ pencernaan, namun juga bisa mengarah ke Ginjal.

Kanker Sel Plasma pada Sumsum Tulang.

Penyakit Batu Ginjal

Batu Ginjal adalah sebuah penyakit dimana terdapat endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di urine. Penyakit Batu Ginjal ini biasanya berukuran sangat kecil, di beberapa kasus dijumpai juga yang besar dengan nama Staghorn. Ada banyak gejala dan penyebab penyakit Batu Ginjal ini.

Gejala :

Susah Buang Air Kecil. Ini merupakan salah satu gejala paling umum yang dialami penderita Batu Ginjal.

Sakit Pinggang. Ini juga merupakan salah satu tanda umum, hal ini terjadi di pinggang sekitar Ginjal.

Nyeri di bagian Paha dan Selangkangan. Rasa nyeri ini terasa di bagian pangkal paha dan selangkangan, area yang berdekatan dengan saluran pembuangan air kencing.

Nyeri Pada Kemaluan. Rasa nyeri ini dirasakan sesaat sebelum mengeluarkan cairan urine hingga saat sesudah selesai mengeluarkan urine sepenuhnya.

Selain Rasa Nyeri, bisa juga Mengalami Kencing Bercampur Darah. Biasanya dalam kasus ini tak kencing darah sepenuhnya, melainkan hanya sedikit darah yang ikut dikelaurkan bersama cairan urine.

Mual dan Muntah-muntah.

Penyebab :

Tumpukan Kalsium. Salah satu penyebab terjadinya Kencing Batu yaitu terjadi ketika Batu Ginjal mengandung banyak kalsium. Kelebihan kalsium menjadi salah satu penyebab Batu Ginjal dikarenakan kalsium yang tak digunakan otot dan tulang pergi ke Ginjal.

Asam Urat. Ketika air seni mengandung banyak asam akan memicu terbentuknya batu asam urat. Hal semacam ini sering menjadi penyebab dari penyakit Batu Ginjal.

Faktor Genetik. Kelainan genetik yang diturunan oleh orang tua ke anak tersebut berupa Batu Sistin. Gangguan ini menyebabkan Sistin bocor melalui Ginjal lalu masuk ke dalam Air Seni.

Infeksi Ginjal. Batu di Ginjal bisa terbentuk setelah penderita mengalami infeksi pada Ginjal.

Dehidrasi. Kekurangan cairan menjadi salah satu penyebab paling utama dari segala permasalahan dalam organ ini.

Penyakit Pencernaan serta Pengobatan Pencernaan. Penyakit yang menjangkit organ pencernaan seperti infeksi usus, diare kronis serta operasi lambung dapat mempengaruhi penyerapan air dan kalsium, hal ini berakibat pada peningkatan kadar tingkat pembentukan batu pada urine.

Kesimpulan

Setelah memahami tentang Gejala dan Penyebab Penyakit Ginjal, semoga kita bisa menjaga kesehatan tubuh agar tak mengalami sakit, terutama sakit yang berkaitan dengan Ginjal. Jangan menunggu sakit, tapi cegahlah dari awal dengan cara pola hidup yang sehat. Perbanyak minum air putih, tidak menunda buang air kecil ketika sudah terasa, juga dengan cara makan makanan yang sehat dan terakhir dengan cara olah raga secara teratur.

You may also like...